Akademi Perawat Notokusumo Bina Olahraga Mahasiswa Guna Hasilkan Karakter Perawat yang Berbudi Pekerti Luhur

Dipublikasikan pada 16 April 2018 oleh Tri Apriyani

Akademi Keperawatan (Akper) Notokusumo Yogyakarta kembali mengukir prestasi-prestasi di bidang olahraga. Minggu (8/4) Mahasiswa Akper Notokusumo mengikuti kompetisi Futsal dan meraih Juara ke-3 dalam rangka International Nurses Day (IND) yang diikuti Universitas Akademi Perawat (Akper) se-DIY. Mahasiswa yang berhasil membawa piala tersebut diantaranya Ramadhan Bayu Aji, Faiz Hudi Azhari, Gama Nur Cahyo, Ilham Hanif Fahrurrozi, Baharrudin Yusuf, Dani Priuntara, Arief Fauzandaru, Destu Dwi Nurcahyo, Bayu Tri Wicaksono, Wisnu Kurniawan, dan Anwar Diyantoro. Prestasi ini bukan merupakan hasil instan yang dicapai mereka, kegiatan futsal dilakukan secara teratur oleh mahasiswa di sela-sela kuliah dibina oleh pelatih futsal, Agus Surahmat.

Prestasi mahasiswa tim futsal diikuti oleh mahasiswa tim bulu tangkis. Senin (9/4) mahasiswa Akper Notokusumo berhasil mendapatkan Juara I dalam kejuaraan Jogja Badminton Family Club 2018. Tim yang menyabet juara terdiri dari dua mahasiswa, Yeriko Gaza dan Hamdani Rifki Hidayatullah. Kegiatan olahraga bulu tangkis secara teratur dilakukan seminggu 2 kali setelah agenda perkuliahan dengan pelatih, Aput Ivan Alindra, S.Or.

Selain cabang futsal dan bulu tangkis, cabang olah raga lain yang dibina diantaranya adalah atletik, renang, dan bola voli. Komaruzaman, S.Pd. sebagai Head Coach UKM Olahraga melakukan pembinaan karakter melalui kegiatan olahraga. “Kegiatan olahraga sangat penting guna memberikan sikap mental yang baik, jiwa kerja keras, dan menciptakan karakter perawat yang berbudi pekerti luhur,” ucap Komaruzaman. Etik Pratiwi, M.Kep. selaku Pembantu Direktur III melakukan pembinaan multidisiplin di bidang keperawatan. “Saat ini tantangan sebagai perawat vokasional semakin kompetitif. Selain bidang olahraga, pembinaan kemahasiswaan juga dilakukan di sektor organisasi kemahasiswaan, forum ilmiah notokusumo, kesenian baik tari dan teater, jurnalistik, dan kegiatan pengabdian sosial mahasiswa,” tambahnya. [EPratiwi]

Artikel lain

Video BAPOMI