Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) DIY 2018 Resmi Dibuka

Dipublikasikan pada 28 November 2018 oleh Student Staf

Sebagai wujud pembinaan dan penjaringan mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti kejuaraan olahraga baik tingkat nasional, regional maupun internasional, Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia-Daerah Istimewa Yogyakarta (BAPOMI-DIY) dengan didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) menyelenggarakan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) DIY Tahun 2018. POMDA DIY 2018 yang dilaksanakan pada 26 November–5 Desember 2018 di berbagai perguruan tinggi di DIY ini dibuka secara resmi di GOR Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia oleh Ketua KONI DIY, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., Selasa (27/11).

 

Melalui ajang POMDA DIY 2018 ini diharapkan dapat terjalin silaturahmi antar atlet mahasiswa DIY serta dapat sebagai penguatan sinergi perguruan tinggi di DIY. Dalam pelaksanaan pertandingan, terdapat 12 perguruan tinggi anggota BAPOMI-DIY yang menjadi tuan rumah pelaksanaan pertandingan, antara lain UII, UGM, UIN Sunan Kalijaga, UNY, UPN Veteran Yogyakarta, STIE YKPN, STMIK AKAKOM, Universitas AMIKOM, Instiper, STTNAS, dan UAD. Ketua panitia POMDA DIY 2018, Dr. Or. Mansur, M.S. menyampaikan laporan kegiatan dalam acara pembukaan, “POMDA DIY 2018 diikuti 26 Perguruan Tinggi anggota BAPOMI DIY dan lebih dari 1657 atlet yang bertanding pada 12 cabang olahraga yaitu bola voli, bola basket, atletik, renang, karate, kempo, tarung derajat, panjat dinding, pencak silat, catur, tenis lapangan, dan bulutangkis.”


Dalam sambutan selanjutnya Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng. menuturkan, “UII siap medukung kesuksesan penyelenggaraan POMDA DIY 2018 secara umum dan khususnya bola voli yang akan terselenggara di GOR Kampus UII Terpadu. Harapannya dengan kegiatan ini akan menumbuhkan interaksi antar mahasiswa dan meningkatkan soft skill mahasiswa.”

 

Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., Ketua BAPOMI-DIY memberikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh perguruan tinggi yang berpartisipasi dan memfasilitasi penyelenggaraan POMDA DIY 2018. “Melalui POMDA, kegiatan olahraga yang ditunggu-tunggu mahasiswa ini, diharapkan dapat lebih menyehatkan mahasiswa sebagai modal untuk mendukung kesuksesan mereka di masa depan,” imbuhnya.

 

Ketua KONI DIY, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.  dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa POMDA sebagai salah satu ajang penjaringan atlet mahasiswa untuk berlaga di tingkat nasional, ASEAN, Asia, dan dunia. Dalam rangka mengasah prestasi, mahasiswa mesti dapat membagi waktu dengan baik untuk berlatih dan belajar di bangku kuliah sebagai tugas utama mahasiswa.

 

Peserta POMDA yang merupakan mahasiswa aktif wakil dari perguruan tinggi wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan, menjunjung tinggi sportivitas, saling menghormati sesama peserta dan kepada panitia. Seluruh perguruan tinggi diharapkan turut menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan POMDA DIY 2018, termasuk pengendalian pendukung tim dan pihak terkait yang lain. [Humas BAPOMI]


Jadwal pertandingan cabang olahraga:

Cabor

Tanggal

Tempat

Atletik 26–27 November 2018 Stadion Pancasila UGM
Bola Basket 27 November–2 Desember 2018 Auditorium STIE YKPN
Bola Voli 27 November–1 Desember 2018 GOR Kampus Terpadu UII
Bulutangkis 27–30 November 2018 GrhaINSTIPER, Maguwohardjo
Catur 3 Desember 2018 Kampus 4 UAD lt.10
Karakte 27 November 2018 UIN Sunan Kalijaga
Kempo 2 Desember 2018 STTNAS Yogyakarta
Panjat Dinding 30 November–2 Desember 2018 AMIKOM Yogyakarta
Pencak Silat 1–2 Desember 2018 UPN Veteran Yogyakarta
Renang 28 November 2018 Universitas Negeri Yogyakarta
Tarung Drajat 3–4 Desember 2018 STMIK AKAKOM Yogyakarta
Tenis Lapangan 26 November 2018 Universitas Negeri Yogyakarta

 

Artikel lain

Video BAPOMI