TIPS POLA HIDUP SEHAT MAHASISWA ALA FAKHRUL

Dipublikasikan pada 21 May 2018 oleh Tri Apriyani

 

Pernah gak sih kalian sebagai mahasiswa ditengah-tengah banyaknya kegiatan memikirkan pentingnya pola hidup sehat? Pola hidup sehat dimasa perkuliahan seringnya diabaikan oleh kebanyakan mahasiswa. Banyaknya kegiatan seperti praktikum, organisasi, dan kepanitiaan membuat mahasiswa sering menghabiskan waktu hingga larut malam dan tidak sempat untuk memikirkan kesehatan. Berikut adalah tips pola hidup sehat ala Fakhrul, seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada sekaligus atlet nasional cabang olahraga Judo (sambo)!

 

  1. Jangan begadang

Begadang atau insomnia sepertinya bukan lagi hal asing bagi mahasiswa. Bahkan menjadi suatu kewajiban untuk begadang agar tugas-tugas kuliah terselesaikan karena di siang sampe sore harinya sudah dihabiskan untuk kegiatan lain. Banyaknya kegiatan menyebabkan tubuh mahasiswa setiap harinya mengeluarkan banyak energi namun tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup di malam hari. Padahal waktu yang paling efektif untuk memulihkan energi adalah saat tidur di malam hari. Hal ini bisa diatasi dengan tidur lebih dini dan bangun lebih pagi agar tubuh tidak kelelahan dan memulai aktivitas dengan segar.

 

  1. Makan teratur

Malam hari begadang, bangun tidur selalu kesiangan, alhasil mahasiswa jarang menyantap sarapan dipagi hari. Ditambah dengan padatnya jadwal kuliah, terkadang mahasiswa baru akan makan pada siang hari menjelang sore dan akan makan lagi saat malam hari menjelang tidur. Berganti hari berganti juga jadwal makannya, akhirnya setiap hari pola makan jadi tidak teratur. Sebaiknya sebelum jam 11.00 tubuh kita sudah mendapatkan asupan energi dari makanan, kalaupun tidak sempat sarapan pagi jam 7.00-8.00 usahakan makan sebelum jam 11.00.

 

  1. Olahraga

Meski banyak kegiatan, olahraga tetaplah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang berpikir ketika olahraga akan membutuhkan waktu banyak dan menyebabkan kelelahan selepas olahraga. Padahal olahraga sendiri penting untuk memperlancar peredaran darah dan melenturkan otot-otot yang kaku selepas banyaknya kegiatan. Lakukanlah olahraga setiap 2 kali dalam satu minggu dengan durasi cukup 1 jam saja. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah seperti jogging sekitar kos dan kampus atau bisa juga olahraga didalam kos seperti mengikuti gerakan-gerakan aerobik, plank, zumba, dsb dari youtube. Tak perlu memakan waktu yang banyak yang terpenting lakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah lelah.

Artikel lain

Video BAPOMI