Musprov BAPOMI-DIY Tahun 2021

Dipublikasikan pada 11 June 2021 oleh Official Bapomi

Masa bakti Pengurus Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BAPOMI DIY) tahun 2018-2021 berakhir pada Juli 2021. Dalam rangka melanjutkan pembinaan olahraga mahasiswa DIY, Pengurus BAPOMI DIY pada hari Rabu (9/6) melaksanakan Musawarah Provinsi BAPOMI DIY untuk memilih Ketua Umum dan Tim Formatur pembentuk pengurus BAPOMI DIY periode 2021-2025 di Ruang Bulaksumur, Hotel University Club UGM.
Perwakilan 35 Perguruan Tinggi dari 49 PT anggota BAPOMI DIY berpartisipasi dalam acara musyawarah ini. Musprov BAPOMI DIY dihadiri pula oleh Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., bersama Ketua BIdang Organisasi KONI DIY. Selain itu hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt.
Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt dalam sambutannya mengharapkan dalam Musprov BAPOMI ini menghasilkan keputusan yang terbaik untuk memilih Ketua Umum dan tim formatur yang akan membentuk pengurus BAPOMI DIY periode 2021-2025. Prof. Didi juga menyampaikan tantangan pembinaan olahraga mahasiswa di masa pandemi, tetap semangat dalam penerapan kegiatan pembinaan olahraga yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, seperti tetap melaksanakan kompetisi tapi dengan tidak ada penonton.
Selain itu pandemi berdampak juga pada perlambatan ekonomi yang mendorong pelaksanaan pembinaan harus dilaksanakan dengan refocusing kegiatan. Kepengurusan yang akan datang diharapkan agar tetap memanfaatkan berbagai jalur yang ada dalam menjaring bibit unggul olahragawan mahasiswa, misalnya penelusuran melalui program KIP.
Ketua Umum KONI dalam sambutannya yang diwakili Ketua BIdang Organisasi KONI DIY, Nolik Maryono, B.Sc., mengharapkan peningkatan sinergi KONI dan BAPOMI DIY dalam meningkatkan prestasi olahraga DIY melalui berbagai jalur pembinaan dan melalui Kelas Khusus Olahraga (KKO) atau Sekolah Khusus Olahraga (SKO). Harapannya dengan bersinergi bersama dapat meningkatkan prestasi olahraga DIY masuk sepuluh besar pada PON dan lima besar pada POMNAS yang akan datang.
Sejalan dengan harapan para pihak, Ketua Umum BAPOMI Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., dalam sambutan sekaligus laporan kepengurusan BAPOMI periode 2018-2021 menyatakan bangga dan memberikan apresiasi kepada para pengurus BAPOMI DIY atas prestasi yang telah dicapai dan atas penghargaan sebagai pengurus berprestasi 2020 dari KONI DIY. Ketua Umum juga berharap agar kepengurusan yang akan datang tetap menjaga spirit “Guyub Rukun” dalam pembinaan olahraga mahasiswa, merangkul dan meningkatkan sinergi yang lebih erat antar PT serta dukungan KONI DIY untuk peningkatan prestasi mahasiswa DIY.
Musyawarah Provinsi BAPOMI DIY secara aklamasi menerima laporan kepengurusan BAPOMI DIY periode 2018-2021 yang disampaikan Sekretaris Umum BAPOMI, Sri Rejeki, S.Si., M.Kom., dan menghasilkan keputusan memilih Ketua Umum BAPOMI periode 2021-2025, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd. yang juga merupakan Wakil Rektor BIdang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu disepakati juga tim formatur yang terdiri dari Ketua Umum dibantu dengan Sri Rejeki, S.Si., M.Kom sebagai perwakilan pengurus periode 2018-2021 dan Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., yang mewakili anggota BAPOMI dari PT Swasta.
Tim formatur ini akan bekerja menyusun kepengurusan BAPOMI periode 2021-2025 sampai dengan sebelum berakhirnya masa kepengurusan 2018-2021 pada Juli 2021.

Artikel lain

Video BAPOMI