Rakernas Bapomi 2013 di Yogyakarta

Dipublikasikan pada 30 October 2014 oleh Official Bapomi

“Terimakasih kepada penyelenggara yang telah memilih Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Rakernas BAPOMI. Semoga Rakernas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga POMNAS XIII DIY 2013 yang akan berlangsung tanggal 24 November hingga 1 Desember 2013 dapat mengangkat prestasi olahraga mahasiswa sebagaimana motto POMNAS tahun ini yaitu Menuju Prestasi Dunia”. Demikian sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra DIY, Drs. Sulistyo, SH.CN., M.Si. dalam pembukaan Rakernas BAPOMI seluruh Indonesia di Hotel UNY, Selasa, 4 Juni 2013.

Lebih lanjut Gubernur DIY mengatakan dalam ajang POMNAS yang mempertandingkan 15 cabang olahraga, akan dilaksanakan berbagai perlombaan dan pertandingan yang berbasis perguruan tinggi. Hal ini merupakan salah satu keistimewaan DIY yang merupakan kota pelajar. Rakernas dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra DIY mewakili Gubernur. Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA memberi penghargaan yang tinggi kepada Belmawa yang telah memilih UNY sebagai institusi yang menjadi tumpuan dalam penyelenggaraan POMNAS 2013.

“Oleh karenanya UNY akan secara total mengawal POMNAS bersama perguruan tinggi lain di DIY” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA.. “Pada POMNAS kali ini akan hadir sekitar 5000 atlet dari seluruh Indonesia, dan penggembira sekitar 5000 orang pula, ini karena Yogyakarta merupakan Indonesia mini di mana suku bangsa dari Sabang sampai Merauke, ada.” Rektor berpesan agar atlet tidak hanya dibimbing secara fisik namun juga secara moral serta tetap menjaga objektifitas dan sportifitas. Dalam Rakernas yang diikuti oleh BAPOMI dari 33 provinsi ini akan dibahas pengesahan peraturan, informasi, dan dokumen penyelenggaraan POMNAS serta menyusun program pembinaan olahraga mahasiswa tahun 2013—2014.

Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pantai/pasir, bulutangkis, catur, futsal, karate, panahan, pencak silat, renang, sepakbola, tae kwon do, tenis lapangan, dan tenis meja yang akan bertempat di UNY, UGM, UII, UPN, STIE YKPN, UIN, dan USD. Para peserta Rakernas juga diajak meninjau lapangan olahraga yang akan digunakan untuk POMNAS di tujuh perguruan tinggi tersebut. Menurut Wakil Rektor III UNY, Dr. Sumaryanto, POMNAS tahun ini akan sangat berbeda dengan kegiatan sebelumnya karena mempertandingkan 15 cabang olahraga yang biasanya hanya 12 cabang. Cabang olahraga yang baru dipertandingkan tersebut adalah sepakbola, panahan, dan bola voli pantai. (dedy)

Artikel lain

Video BAPOMI